Definisi dan Pengertian Komputer Secara Umum


VENGEANTECH - Di zaman modern seperti sekarang ini, komputer menjadi salah satu perangkat yang paling sering digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa saat ini sudah terbiasa menggunakan komputer.

Sejak pertama kali dikembangkan, setelah berakhirnya masa perang dunia ke-2 pada tahun 1941, perkembangan perangkat komputer dari masa ke masa, bisa dikatakan cukup siginifikan.

Pada masa-masa awal diciptakannya komputer, perangkat keras ini memiliki ukuran yang sangat besar. Ukuran CPU (Central Processing Unit) pada masa itu bahkan bisa mencapai ukuran kulkas dua pintu. Tapi seiring perkembangan teknologi yang begitu pesat, ukurannya semakin dibuat lebih kecil, dan bahkan saat ini bisa kita temukan CPU berukuran flashdisk.

Meskipun saat ini sudah bisa kita temui CPU seukuran flashdisk, tapi fungsi dan kinerjanya tidak kalah dengan CPU berukuran normal. Kelebihan dari CPU portable ini, dapat digunakan dimana saja, karena ukurannya yang kecil, kita jadi lebih mudah membawanya kemana-mana.

Selain itu, saat ini perangkat komputer telah dimodifikasi menjadi sebuah perangkat portable yang dikenal dengan nama Laptop. Perangkat Laptop sendiri, merupakan versi portable dari komputer, namun semua komponennya dibuat lebih kecil dan dikemas sedemikian rupa, agar mudah dibawa oleh pengguna kemana saja.

Spesifikasi Laptop atau komputer jinjing, sebenarnya sama dengan perangkat komputer desktop. Hanya saja ukuranna lebih simpel, dan cukup mudah untuk digunakan di luar ruangan. Tapi dari beberapa aspek, kinerja laptop terkadang masih berada di bawah komputer desktop. Seperti kemudahan dalam menggunakan Mouse dan Keyboard, yang tidak seleluasa perangkat komputer desktop.

Pengertian Komputer Secara Singkat

Komputer adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk mengolah suatu data, untuk kemudian dapat disimpan kedalam perangkat penyimpanan yang terdapat di dalam komputer. Komponen yang digunakan untuk menyimpan data hasil pengolahan komputer disebut Hardisk.

Awalnya komputer didefinisikan sebagai alat bantu hitung, yang dapat memudahkan pekerjaan manusia. Dengan menggunakan bahasa sistem pemrograman, komputer dapat mengolah data fisik menjadi data dalam bentuk non fisik.

Pengertian komputer atau yang dalam bahasa Inggris disebut Computer, secara garis besar adalah, sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari beberapa komponen pendukung. Perangkat elektronik ini dapat digunakan untuk mengolah data input, untuk kemudian menghasilkan data output yang diproses berdasarkan suatu perintah tertentu.

Adapun secara singkat, seorang ahli bernama Robert H Blissmer berpendapat, bahwa komputer merupakan alat elektronik yang dapat melakukan beberapa tugas, antara lain:
> Menerima data masukan (input)
> Memproses data yang telah diinput sesuai perintah yang diberikan
> Menyimpan hasil olahan data yang sebelumnya telah diinput
> Menghasilkan data output yang berupa informasi, baik itu secara digital ataupun fisik

Komponen-Komponen Yang Terdapat di Dalam Komputer

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, komputer adalah sekumpulan komponen elektronik, yang disatukan menjadi suatu perangkat, dan dapat digunakan manusia untuk mengolah sekumpulan data, sesuai perintah yang dimasukan oleh pengguna atau operatornya.

Setelah kita mengetahui definisi dan pengertian komputer, maka kita juga harus memahami berbagai macam komponen yang terdapat di dalamnya. Karena tanpa dukungan dari beberapa komponen tersebut, maka komputer tidak akan bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Lalu apa saja komponen-komponen yang menjadi bagian dari komputer? Dalam sebuah perangkat komputer, terdapat tiga komponen yang tidak bisa dipisahkan, yaitu Hardware, Software serta Brainware. Untuk lebih jelas, kita akan membahasnya satu persatu.

1. Perangkat Keras (Hardware)

Hardware atau yang biasa disebut perangkat keras, merupakan komponen komputer yang terdiri dari beberapa elemen. Dimana elemen-elemen inilah yang dapat menunjang kinerja perangkat komputer tersebut. Adapun beberapa elemen hardware yang terdapat di dalam komputer antara lain adalah:
> Motherboard / Mainboard
> CPU (Central Processing Unit)
> RAM (Random Access Memory)
> Harddisk
> Power Supply (PSU)
> VGA Card (Video Graphics Adapter)
> Monitor
> Mouse
> Keyboard
> Printer

2. Perangkat Lunak / Piranti Lunak (Software)

Perangkat lunak atau software, juga menjadi salah satu elemen pendukung kinerja dari sebuah perangkat komputer. Karena tanpa adanya software, maka sekumpulan perangkat keras di atas, tidak akan berfungsi dengan baik.

Software adalah suatu program yang dibuat dan dapat digunakan untuk mengolah data, yang kemudian diolah menjadi suatu data informasi. Dengan kata lain, piranti lunak atau software digunakan untuk memasukan sebuah perintah ke dalam sistem komputer, yang kemudian akan memproses data sesuai dengan perintah yang diminta.

Adapun beberapa contoh software adalah sebagai berikut:
> MS Office
> Adobe Photoshop
> Corel Draw
> Windows Movie Maker
> Sistem Operasi Windows, Linux, Mac OS

3. Operator (Brainware)

Brainware atau yang disebut dengan operator adalah manusia yang mengoperasikan komputer. Tanpa operator, hardware dan software di atas tidak akan bisa berfungsi sebagaiman mestinya. Karena, operator yang bertugas memasukan data input ke dalam perangkat keras (Hardware), dengan memasukan perintah melalui piranti lunak (software), untuk menghasilkan data output berupa informasi.

Manfaat Dan Fungsi Komputer

Pada era teknologi canggih seperti sekarang ini, peran komputer dalam menunjang pekerjaan manusia sangatlah penting. Karena pekerjaan yang sudah terkomputerisasi, akan lebih mudah untuk diakses pada masa yang akan datang. Selain itu, data informasi yang telah diolah menggunakan informasi, dapat disimpan secara digital, tanpa memerlukan ruangan khusus untuk arsip.

Sementara, pekerjaan yang masih dilakukan secara manual, harus menggunakan media kertas untuk memprosenya. Selain itu, dibutuhkan juga ruangan khusus arsip, yang digunakan untuk menyimpan data hasil olahan yang berupa informasi.

Jadi secara keseluruhan adanya teknologi komputer saat ini, dapat memudahkan segala pekerjaan manusia. Sehingga pekerjaan bisa diselesaikan lebih cepat, serta dapat meminimalisir kesalahan.

Itulah definisi serta pengertian komputer secara umum, dan menurut beberapa ahli. Serta sedikit informasi mengenai pengertian Hardware, Software, dan Brainware, yang merupakan komponen-komponen penting penunjang kinerja perangkat komputer.

Mengenai penjelasan yang lebih mendetail dari elemen-elemen Hardware dan Software, akan kita bahas pada artikel lainnya. Demikianlah artikel yang menjelaskan tentang definisi komputer beserta komponen-komponen pendukung di dalamnya, semoga bermanfaat.

Sekian terimakasih karena telah mengunjungi VENGEANTECH.zone.id. Jangan lupa untuk terus bekunjung ke VENGEANTECH.zone.id untuk mengetahui lebih banyak info tentang komputer, jaringan, dan lain lain.

DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://vengeantech.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts Older Posts Older Posts

More posts

Comments

Post a Comment
Social Media Kami