Jenis Jenis Ram Pada Komputer/Laptop Dan Spesifikasinya



VENGEANTECH - Pada kali ini saya akan Menjelaskan tentang macam-macam RAM pada komputer maupun laptop dan spesifikasinya. Dimana saya yakin anda sudah pada tahu tentang kegunaan dari RAM Pada Komputer/Laptop, yaitu untuk menyimpan data atau perintah sementara pada saat sebuah perangkat dioperasikan. Berbeda sama harddisk!

Berikut adalah beberapa Macam RAM


1. EDO RAM

EDO RAM adalah Singkatan dari (Enhanced Data Output RAM). Cara kerjanya yaitu mengambil dan menyimpan data memori yang dilakukan secara simultan. Ciri utamanya yaitu :

> Memiliki 1 lubang pin pada bagian tembaganya.

> Pemasangannya harus digandeng (berpasangan).

> Banyak diaplikasikan pada komputer lama.

2. RD RAM

RD RAM adalah Singkatan Dari (Rambus Dynamic RAM). Memiliki kecepatan komunikasi yang lebih cepat dibanding EDO ram. Namun jenis ini cukup jarang digunakan. Cirinya :

> Terdapat heatsink.

> Terdisri dari 232 pin.

> Harus berpasangan cara kerjanya.

> Banyak digunakan pada komputer sekitar tahun 1999 hingga 2000 an.

3. SD RAM

SD RAM adalah Singkatan dari (Synchronous Dinamic RAM). Memiliki tingkat sinkronisasi tinggi dibanding SIMM dan EDO. Spesifikasi yang dijual dipasarang banyak ditentukan oleh clock. Misal : 32 MB/ 133 MHZ. Ini memiliki arti kapasitas memori yang dimiliki yaitu 32 Mb dengan frekuansi kerja clock 133 MHz. Ciri-cirinya :

> Memiliki 2 lubang pada pin

> Terdiri dari 172 pin.

4. DDR RAM

DDR RAM adalah Singkatan dari (Double Data Rate RAM). Memiliki kecepatan 2X lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya yakni SD RAM. Spesifikasi yang banyak beredar antara lain : PC2100, PC2700, PC3200, PC3500, PC3700, PC4000, PC4200, PC4400, PC4500, PC4800, PC5000. Dengan varian speed memori : 133 MHz, 233MHz, 400MHz, . Cirinya :

> Terdiri dari 184 pin

> Tegangan kerja 2,5 V

> Terdapat 1 lubang pada kakinya dengan posisi agak ke kanan.

5. DDR 2

Untuk RAM DDR generasi kedua ini memiliki kemampuan dua kali lebih cepat dibanding pendahulunya, yakni DDR. Cirinya :

> jumlah pin 240

> Tegangan kerja 1,8 V.

> Terdapat 1 lubang pada kakinya, dengan posisi agak ditengah.

6. DDR 3

Memiliki kecepatan tiga kali lipat dibanding DDR. DDR3 memiliki kemampuan lebih yang dimiliki dari type sebelumnya. Dengan ciri :

> Jumlah pin 240

> Tegangan kerja 1,5

> Terdapat 1 lubang yang terletak sedikit ke sisi kiri.

Sekian terimakasih karena telah mengunjungi VENGEANTECH.zone.id. Jangan lupa untuk terus bekunjung ke VENGEANTECH.zone.id untuk mengetahui lebih banyak info tentang komputer, jaringan, dan lain lain.
DONASI VIA PAYPAL Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain https://vengeantech.blogspot.com/. Terima kasih.
Newer Posts Newer Posts

More posts

2 comments

Social Media Kami